24 March 2013

5 Tip Sukses Presentasi Bahasa Inggris

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum Anda melakukan presentasi dalam bahasa Inggris? Materi? cara penyampaian? Atau penguasaan bahasa Inggris itu sendiri?

Semuanya penting dan semuanya harus dipersiapkan semaksimal mungkin. Pertama, materinya tentu perlu mencermati bahasa Inggris formal dengan struktur dan grammar yang betul. Tidak asal menerjemahkan dengan konteks dan interpretasinya yang masih terdengar lokal, dan rangkaian dan urut-urutannya harus saling terkait satu sama lain. Kedua, cara penyampaian presentasi bahasa Inggris ini harus meyakinkan, tidak gugup, tidak ragu, harus percaya diri. Suara yang keras dan jelas dengan pronunciation yang mantap yang bisa diserap maknanya sehingga pesan yang disampaikan sampai kepada tujuannya. Ketiga, hal yang paling penting, apakah Anda benar-benar sudah menguasai bahasa Inggris Anda? Hal ini menyangkut struktur, grammar, vocabulary dan pronunciation sebagai media utama menyampaikan pesan.

Jadi kesimpulannya, tidak ada peluang untuk sebuah presentasi bahasa Inggris yang bagus bila kita tidak memenuhi syarat seperti tertulis di atas?

Tidak juga, Anda hanya perlu beberapa hal pendukung jika Anda sudah punya basic bahasa Inggris yang standard, artinya Anda bisa, setidaknya menyampaikan pesan dalam bahasa Inggris meskipun sedikit banyak melakukan kesalahan. Tip-tip berikut perlu Anda pertimbangkan agar presentasi bahasa Inggris Anda berjalan seperti yang Anda harapkan.

1. Buat sebuah skenario
Presentasi sama saja dengan akting. Sebuah lakon perlu dimainkan oleh aktor.Bagaimana sandiwara atau film itu bisa enak ditonton maka perlu skenario yang bagus. "Presentasikan" skenario Anda jauh-jauh hari sebelumnya dengan patokan ini. Kata lain dari skenario adalah mimpi, bermimpilah akan kesuksesan dengan cara membayangkan Anda tengah menyampaikan sebuah presentasi yang sangat menarik dan mengakhirinya dengan respon positif

2. Temukan kelemahan-kelemahan Anda dan benahi
Mempersiapkan sebuah presentasi bahasa Inggris jauh-jauh hari sebelumnya berarti memberikan Anda kesempatan untuk menyempurnakan presentasi Anda. Diantaranya, menyusun jawaban yang tepat sekiranya ada sesi tanya jawab disana. Anda bisa buat kemungkinan pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan dan menyiapkan jawabannya. Kalau perlu Anda menuliskannya baik dari yang termudah, tersulit atau acak. Atau merekamnya dihape.

3. Lakukan drilling practice
Ini adalah hal yang sangat penting yang patut dilakukan oleh orang-orang yang ingin lancar berbahasa Inggris termasuk dalam presentasi. Drilling practice adalah upaya pengucapan secara berulang kalimat atau ungkapan agar mirip dengan penutur aslinya (native speaker). Tidak masalah presentasi Anda hasil terjemahan orang asalkan betul, yang penting Anda perlu mengucapkankannya berulang-ulang, menghafalkannya, termasuk point-point jawaban atas segala pertanyaan yang mungkin diajukan kepada Anda. Seperti point diatas, kalau Anda perlu merekam, lakukan itu.

4. Lakukan improvisasi, cari ide-ide kreatif yang memungkinkan Anda merasa nyaman dengan presentasi bahasa Inggris Anda, seperti pengalaman pribadi, cerita teman dsb . Kalau Anda perlu sisipkan humor lakukan itu, tapi sekedarnya saja. sebelumnya pastikan dulu audience Anda tepat tidak untuk humor itu. Jangan sampai Anda jadi grogi karena ternyata tidak orang yang ketawa dengan humor Anda itu.

5. Review. Untuk hasil sempurna berlatihlah dan evaluasi ulang hal-hal yang perlu disempurnakan. Bahkan Presenter ternama seperti Almarhum Steve Job sekalipun juga melakukan rehearsal berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda bisa berlatih sendiri di depan cermin, minta bantuan saudara, anak, istri atau teman dsb.

Yang paling penting dari semua itu, agar presentasi bahasa Inggris Anda sukses, awali segala sesuatunya dengan do'a.
semoga sukses terutama bagi yang mengikuti praktek terdekat, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment